Seri Diskusi Pojok Energi

WhatsApp Image 2021-08-27 at 11.19.47.jpeg
calendar.png
DATE
30 Agu 2021
clock (1).png
TIME
06.00
pin.png
LOCATION
Webinar
-
07.30
SPEAKERS

Dr. Muhammad Ery Wijaya

Analis Senior | CPI

Zulvia Dwi Kurnaini

Analisis Kebijakan Ahli Madya, Kepala Bidang Subsidi PKAPBN | BKF

Pradana Murti

Kepala Divisi Sustainable Finance | PT SMI
Seri Diskusi Pojok Energi: Peran Institusi Keuangan Dalam Mendukung Dekarbonisasi Sektor Energi dan Pemulihan Ekonomi Hijau

Tayangan Ulang

Investasi energi terbarukan diekspektasikan akan terus meningkat dan membuka peluang bagi Indonesia untuk melakukan transisi energi sekaligus mendekarbonisasi sektor energi. Namun investasi ini perlu dieskalasi secara cepat untuk membangun energi terbarukan pada skala yang sesuai untuk memenuhi Persetujuan Paris. Studi IESR bersama Agora Energiewende dan LUT university Finlandia menunjukkan bahwa investasi di energi terbarukan dan sektor energi bersih perlu mencapai 20-30 miliar USD per tahunnya dalam satu dekade mendatang.

Kebutuhan investasi ini merupakan tantangan tersendiri mengingat besar investasi di sektor energi terbarukan (EBTKE) baru ditargetkan oleh pemerintah sebesar 2 miliar USD untuk tahun 2021. Akan tetapi pergerakan institusi keuangan internasional yang tidak lagi membiayai proyek energi fosil (khususnya batubara) memberikan peluang bahwa pembiayaan tersebut akan beralih ke sektor energi bersih. Di sisi lain, partisipasi institusi keuangan lokal juga menjadi penting agar kebutuhan investasi ini juga bisa tercapai demi mendorong transisi energi pertumbuhan ekonomi Indonesia yang lebih berkelanjutan.

Pada seri diskusi ini, IESR ingin mengundang beberapa narasumber untuk mendiskusikan tren dan kebutuhan investasi yang masif untuk energi terbarukan serta melihat pandangan dari institusi keuangan lokal terkait tren ini serta kesiapannya. Dalam diskusi ini beberapa topik yang dibahas adalah seputar sumber pendanaan selama ini, kebijakan terkait pembiayaan, instrumen-instrumen pendanaan dan mekanisme penyalurannya, mempertemukan institusi-institusi keuangan dengan berbagai proyek energi terbarukan, serta tantangan kedepannya untuk pembiayaan proyek-proyek energi terbarukan.